Keinginan Dan Kemampuan

Cara Mendaftar Merk Usaha

Cara Mendaftarkan Merk Usaha Ke Dirjen Haki Jadi Simple Dan Gampang Bersama dengan Konsultan Merk Hki Kami. Langsung Hubungi Konsultan Hki Terdaftar Kami. Tidak sedikit pebisnis baru yang masih kewalahan dengan cara mendaftar merk punya mereka. Tidak dipungkiri jika mempromosikan satu produk tanpa merk sangatlah sukar diterima di pasaran. Merk jadi pembeda antara sebuah produk dengan yang lainnya. Kamu harus langsung melakukan langkah mendaftar merk usaha ke Dirjen HaKI agar merk produk Kamu memperoleh hak merk hingga lebih dilindungi serta tidak ada pihak lainnya yang mengaku. Hak merk merupakan perlindungan dari HKI untuk para pemilik merk untuk memakai merek itu sesuai dengan kategori produk merk yang terdaftar. Siapa aja sebetulnya diperkenankan memakai merek apa pun asalkan tidak mirip dengan merk lainnya yang telah terdaftar. Karena pemilik merk yang telah terdaftar bisa melarang ataupun menuntut jika merk dagangnya dipakai orang lain.

Daftar Merek

Sebelum mencoba mendaftar merk usaha, calon pemohon ada baiknya memeriksa merk yang bakal didaftarkan di database Dirjen HaKI untuk meyakinkan jika merk itu tak pernah didaftarkan oleh pihak lain. Bila merk itu rupanya telah ada dengan nama serta produk sama, maka ada baiknya jangan sebab permohonan Kamu tentu bakal ditolak. Bila sudah ada merk serupa yang didaftarkan tapi masih tidak terdaftar, Kamu tetap bisa mendaftarkannya sebab masih ada peluang dengan persyaratan kelengkapan lain telah lengkap saat mengajukan tgl penerimaan. Sejumlah dokumen serta persyaratan yang harus lengkap di saat pengajuan permohonan merk mencakup form pendaftaran merk yang dibuat rangkap Empat, membayar tarif pendaftaran, sample etiket merk 20 lembar, surat pertanyaan hak, surat kuasa, fotokopi identitas pemohon, fotokopi akta pendirian badan hukum yang telah dilegalisasi, serta fotokopi NPWP. Tahapan untuk memperoleh hak merek ini memerlukan waktu sekitar 1 tahun terhitung sejak penerimaan sampai pendaftaran merek.

Pemohon tidak diperbolehkan mengambil langkah hukum kepada orang yang sudah memakai merk tanpa izin walaupun Kamu telah memproses cara mendaftar merk usaha sebab sertifikat merk belum diluncurkan.

Untuk permohonan merk, pemohon harus membayar biaya permohonan yang terhitung per merk di sebuah kelas dengan max 10 jenis barang ataupun jasa. Setiap kelipatan 10 kategori produk bakal dipungut biaya tambahan per permohonan. Disamping itu tarif ini tidak berikut biaya jasa professional bila memakai jasa konsultan HKI terdaftar. Bila mendaftarkan merk dagang usaha itu telah berhasil, Kamu bisa memperpanjang merk itu. Merk berlaku sepanjang 10 tahun dihitung semenjak tgl penerimaan. Masa perlindungan hak merk bakal diperpanjang tiap 10 tahun. Pemegang hak merek bisa mengajukan perpanjangan merk meskipun masa berlaku merk itu belum selesai.

  1. http://www.pendaftaranmerekdagang.com/
  2. https://www.daftarpatenindonesia.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top